Pages

Labels

Diberdayakan oleh Blogger.

Kerja atau kuliah ???

arjunmujay - pernah terlintas di sebagian benak orang setelah lulus dari sekolah menengah kejuruan atau yang baru lulus dari sekolah menengah atas atau sederajat yakni ingin melanjutkan study ke perguruan tinggi atau langsung kerja. ya memang sangat banyak sekali yang menjadi ragu dan membingungkan antara kerja atau kuliah. memang untuk SMK dapat langsung kerja soalnya di dunia SMK telah diajari untuk langsung dapat terjun ke lapangan atau dunia kerja tetapi juga banyak yang menginginkan sesuatu yang leih dengan menempuh pendidikan di atasnya.

sayapun demikian pernah mengalami hal yang sama yakni kebingungan antara memilih untuk bekerja atau melanjutkan sekolah ke perguruan tinggi. dan dulu sangat pengen sekali untuk dapat masuk ke perguruan tinggi negeri. sampai - sampai dulu saya pernah mengikuti yang namanya SNMPTN dan kena tetapi setelah saya konfirmasi ke keluarga ternyata masih belum di ijinkan. alasannya memang untuk biaya awal gratis lalu bagaimana dengan semester - semester berikutnya.

yah memang masalah besar yang menyelimuti adalah masalah biaya, apalagi keluarga saya hanya kelas kebawah namun belum termasuk miskin ataupun fakir. hanya cukup untuk keseharian saja. setelah beberapa lama saya memutuskan untuk bekerja terlebih dahulu dan apabila sudah sedikit terkumpul saya akan menempuh pendidikan lagi di perguruan tinggi. dan orang tuapun setuju jika mengambil keputusan seperti itu. kalau mengambil kuliah secara langsung tidak akan bisa untuk biayanya.

namun setelah memilih untuk bekerja terlebih dahulu, itupun ternyata sangat susah dan membingungkan karena sudah melamar kesana kemari susah untuk mendapatkan pekerjaan. ya memang sangat susah padahal saya lulusan SMK yang memang sudah siap kerja. tetapi kenyataan dilapangan tidak semulus yang pernah dibicarakan dan difikirkan. sampai - sampai saya pernah menganggap kalau SMA dengan SMK itu sama saja. sama - sama susah mendapatkan pekerjaan pada akhirnya nanti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

 

Visitor

Flag Counter

soundtrack